Barefoot sepatu lari – Ulasan

Sepatu bertelanjang kaki mungkin terdengar seperti oxymoron – tapi ada beberapa logika di belakang mereka. Mengapa beberapa pelari lebih memilih mereka, dan apa model terbaiknya?

Barefoot running telah menjadi salah satu topik diskusi terpanas di antara pelari sejak buku Chris McDougall Born to Run membawa subjek ke cahaya penuh.

McDougall menulis tentang sebuah teori yang dikembangkan oleh ilmuwan Harvard bahwa menjalankan kaki telanjang secara alami mengurangi dampak Anda di tanah – dengan memaksa Anda mendarat di kaki tengah atau kaki depan dan bukan di tumit Anda. Hal ini menghasilkan gaya berjalan yang lebih efisien dan lebih sedikit cedera. Sebenarnya, mereka menyalahkan sebagian besar luka di kaki sepatu lari empuk – sepatu yang kebanyakan kita jalankan selama 30 tahun terakhir.

Anda bisa membayangkan gagasan seperti itu akan membuat perusahaan sepatu lari mengeluarkan surat-surat resmi dalam keadaan panik, tapi malah mereka sadar bahwa kebanyakan orang tidak benar-benar berlari tanpa alas kaki.

Sebagai permulaan, banyak orang sangat skeptis tentang manfaat menghilangkan semua bantalan dan dukungan dari bawah kaki Anda dan kemudian berangkat dalam jangka panjang.

Bahkan di antara orang yang yakin atau penasaran, bertelanjang kaki berjalan selalu menjadi jembatan yang terlalu jauh bagi kebanyakan orang. Ilmuwan Harvard mempelajari pelari negara bagian tanpa alas kaki sebagai bagian dari penelitian mereka. Tapi di sebelah barat kaki kita terlalu empuk, terlalu terbiasa dengan sepatu, bagi kita untuk tiba-tiba mulai berkeliaran tanpa alas kaki. Selain itu, kita hidup di dunia yang tertutup beton, dengan risiko pecahan kaca, kuku dan benda tajam lainnya di mana-mana.

Jadi, alih-alih panik, perusahaan olahraga mengembangkan konsep oxymoronic sepatu bertelanjang kaki.

Sepatu bertelanjang kaki, atau sepatu minimalis seperti yang juga mereka ketahui, ada di sekitar sebelum Born to Run diterbitkan, namun mereka memiliki daya tarik ceruk. Namun sekarang, sebagian besar sepatu lari yang ada di pasaran adalah sepatu bertelanjang kaki.

Gagasan di balik mereka adalah membiarkan kaki Anda mendarat di tanah dengan gerakan yang sama seolah-olah Anda berlari tanpa alas kaki, tapi pada saat bersamaan memberikan perlindungan. Mereka datang dalam berbagai samaran, dari yang dirancang untuk membantu Anda melakukan transisi perlahan dari tumit-lari pertama untuk menjalankan gaya bertelanjang kaki, bagi mereka yang hanya menyediakan karet tipis di bawah sole Anda, membiarkan kaki Anda sebebas mungkin.

Kate Carter dan saya memutuskan untuk mencoba beberapa model terbaru. Saya telah menjalankan gaya bertelanjang kaki selama sekitar tiga tahun saya dulu adalah striker tumit yang marah – sementara Kate baru mengenal keseluruhan konsep.

Nike Free 5.0+ dan Nike Free 3.0+, £ 85
Nike FreeRun
Nike FreeRun

  • AF: 3.0 adalah sepatu pilihan saya saat ini. Mereka pas seperti sarung tangan, ringan dan melenting dan memungkinkan gaya bertelanjang kaki yang mudah berjalan. Setelah sekitar 15 mil mereka mulai memberi saya kaki yang sakit, tapi untuk bersikap adil, Nike tidak merekomendasikan mereka untuk jarak di atas 10K.
  • KC: Nike merekomendasikan agar yang baru bertelanjang kaki berjalan mulai dengan model 5.0. Saya menemukan ini sangat nyaman dan ringan. Mereka tidak merasa seperti perbedaan besar dari sepatu lari normal saya, tapi kemudian banyak perubahannya ada dalam teknik dan juga sepatu. Ini juga terlihat seperti sepatu olahraga serba bagus: Saya akan memakainya ke gym. Setelah saya membangun beberapa mil lagi, saya pikir peralihan ke 3.0 akan berjalan dengan mulus.

Vivobarefoot Evo II, £89
sepatu lari tanpa alas kaki vivo
sepatu lari tanpa alas kaki vivo

  • AF: Saya menggunakan sepatu ini saat pertama kali mulai belajar berlari dengan gaya bertelanjang kaki. Karena mereka tidak memiliki bantalan sama sekali, mereka benar-benar memaksa Anda untuk berlari dengan baik, mana yang hebat. Mungkin aku hanya malas, atau lembut, tapi begitu aku merasa tahu apa yang sedang kulakukan, aku beralih ke sepatu dengan sedikit lebih empuk, meski aku masih memakainya kadang-kadang untuk berlari lebih pendek.
  • KC: Saya bisa melihat Anda pasti perlu mengubah gaya hidup Anda sepenuhnya untuk menemukan kenyamanan ini. Saya berjuang dengan mereka – tapi kemudian saya adalah striker tumit sehingga tidak mengherankan. Saya merasa cocok sedikit aneh – ada banyak ruangan di sekitar jari kaki, meski ini adalah bagian disain yang disengaja. Saya juga akan mengurangi poin karena perusahaan mengacu pada “pria” dan “wanita” – seperti klub malam yang buruk. Wanita akan baik-baik saja, terima kasih.

New Balance Minimus, £79.99
Keseimbangan baru sepatu lari
Keseimbangan baru sepatu lari

  • AF: Ini terasa nyaman sesaat, yang selalu pertanda baik. Sangat ringan dan cepat berlari masuk, meski aku bisa merasakan kakiku mulai mengeluh setelah lari sejauh 10 mil.
  • KC: Juga penggemar berat sepatu ini, meski sebenarnya saya tidak merasa nyaman untuk memulai dengan, saat kecocokan itu terasa aneh bagi saya, mendorong kaki tengah saya satu jalan dan kaki yang lain.

Tapi sensasi ini benar-benar lenyap saat berlari. Saya tidak berani sejauh Adharanand, karena saya masih mengerjakan gaya bertelanjang kaki, tapi saya bisa melihat ini menjadi salah satu pasangan favorit saya. Saya juga mencoba sepatu balap ridiculously light dari New Balance – saya punya kaus kaki yang beratnya lebih dari ini. Sekali lagi ini akan membawa beberapa terbiasa, dan benar-benar lagu / sepatu balap, dengan paku yang tidak akan bertahan banyak mil. Anehnya nyaman pada beberapa lap dari trek sekalipun.

Xero, £19.95
Sepatu lari xero
Sepatu lari xero

  • AF: Untuk yang (hampir) purist, sandal ini didasarkan pada sepatu yang dikenakan oleh orang Tarahumara dari Meksiko yang mengilhami Born to Run. Mereka lebih nyaman dari yang mereka lihat, tapi mereka tidak benar-benar membuat saya ingin berlari kencang. Mereka merasa lebih seperti sesuatu yang saya kenakan ke pantai.
  • KC: Saya berjuang dengan segala bentuk flip-flop karena saya menemukan postingan kaki sangat tidak nyaman bahkan saat berjalan-jalan di liburan musim panas, jadi lari dalam hal ini tidak akan pernah menyenangkan bagi saya. Kecuali Anda memiliki beberapa kaus kaki flip-flop Jepang itu, mereka mungkin juga tidak ideal untuk kondisi cuaca saat ini.

Vibram Fivefingers, £125
sepatu lari yang kabur
sepatu lari yang kabur

  • AF: Sekali lagi, ini hampir tidak ada padding – yang tentu saja adalah intinya – tapi bagi saya mereka terlalu dekat dengan tanah. Juga, saya tidak menyukai hal-hal kaki, meskipun mereka tidak merasa aneh seperti yang mungkin mereka lihat – saat kami membuat video kami, seorang pejalan kaki bertanya apakah kami sedang syuting Planet of the Apes.
  • KC: Masalah utama saya dengan ini adalah mendapatkan mereka! Menempatkan setiap kaki secara terpisah ke kanan sedikit rumit. Sensasi itu kemudian mulai membiasakan diri – saya akan merekomendasikan siapa pun yang membeli ini untuk memakainya di sekitar rumah sedikit dulu, untuk membiasakan diri melakukannya. Mereka merasa tidak enak untuk berjalan-jalan daripada berlari, yang sebenarnya cukup nyaman. Aku merasa aku perlu benar-benar menyempurnakan gaya bertelanjang kaki sebelum mencoba jarak apa pun di dalamnya. Pasti satu untuk pro telanjang.

On Running Cloudsurfer and Cloudracer, £115
Cloudsurfer
Cloudsurfer Photograph: Cloudsurfer

  • AF: Sepatu ini seharusnya memberi Anda banyak bantalan saat Anda mendarat di tanah, tapi tanpa alas kaki lepas landas. Saya tidak yakin saya mengalaminya, tapi sepatunya terasa nyaman untuk dijalankan. Karena saya mencoba versi balapnya, mereka bagus dan ringan, namun sebaliknya mereka merasa lebih menyukai pelatih konvensional daripada orang-orang minimalis.
  • KC: Mungkin justru karena mereka lebih merupakan hibrida antara bertelanjang kaki dan konvensional, tapi saya sangat menyukai sepatu ini. Mereka tampaknya memberi saya lebih banyak mental, benar-benar ringan (bahkan model kedua dari atas ke atas) dan sangat nyaman. Sulit untuk menganalisis gaya berjalan Anda sendiri, tentu saja, tapi orang-orang di klub lari saya berkomentar bahwa formulir saya sebenarnya terasa sangat berbeda dan lebih baik dan saya juga menjalankan serangkaian PB di dalamnya. Ini sekarang adalah sepatu pilihan saya.

Adidas Adapt, £65 and Motion, £85
Sepatu lari pureadapt
Sepatu lari pureadapt

  • KC: Saya juga mencoba dua sepatu lari bergaya Adidas bertelanjang kaki. Adaptasi terasa sangat kecil untuk memulai dengan – mereka adalah bahan yang melar, hampir seperti neoprene yang terasa seperti mengenakan kaus kaki kompresi. Mereka melakukan peregangan dan beradaptasi dengan kaki Anda sekalipun. Ketegaran itu membuat mereka merasa seperti digosok di bagian belakang tumit Anda, tapi hanya pada pakaian pertama. Mereka sangat ringan dan solonya hampir tidak ada, jadi yang lain untuk pelari tanpa alas kaki berpengalaman.

Motion memiliki sedikit dukungan dan struktur untuk mereka. Seperti Adaptive, bahan di kaki terasa sangat elastis, jadi sekali lagi mereka pas pas – tidak begitu banyak disekitar sisi kaki, seperti di atas. Meskipun mereka memiliki tali yang mereka tidak merasa mereka membutuhkannya. Fit seperti Barefoot Evos  cukup lebar di area kaki tapi itu mungkin bagian dari desain juga.

Baca Juga :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *